Rabu, 10 Februari 2010

Ketika Lalat Terjatuh Dalam Minuman



Rasulullah pernah bersabda sebagaimana diriwayatkan oleh HR. Bukhari : “Jikalau lalat terjatuh pada salah satu tempat minumanmu, hendaklah ditenggelamkan seluruh badan lalat itu ke dalam tempat minum tersebut, kemudian buanglah (lalat itu) keluar”.

Lalat adalah serangga yang suka hinggap di tempat-tempat yang kotor sehingga dapat menularkan berbagai macam penyakit karena kuman-kuman dari tempat kotor yang menempel di kakinya dapat pindah ke makanan atau minuman yang dihinggapinya.

Bakteri yang sering ditemukan diantaranya adalah E.Coli, Coynobacterium Dephteroid, Staphylococcus sp, Salmonella sp dan proteus sp.

Berabad-abad kemudian pada tahun 1871 seorang ilmuan Jerman dari Universitas Hall Prof. Brefild menemukan bahwa lalat memiliki kelenjar di perutnya yang bisa mengeluarkan cairan cythoplasma yang dapat mematikan berbagai macam bakteri dari kotoran yang menempel di kakinya.

Ernestein seorang ilmuwan Inggris pada tahun 1947 juga meneliti cairan yang dikeluarkan oleh kelenjar di perut lalat berkesimpulan bahwa cairan tersebut dapat memusnahkan berbagai macam bakteri diantaranya kuman disentri dan tifus.

Kemudian pada tahun yang sama dari hasil penelitian Dr. Muftisch berkesimpulan bahwa sedikit cairan yang dikeluarkan oleh kelenjar di perut lalat tersebut dapat memelihara seribu liter air susu terhadap kontaminasi bakteri thypoid dan disentri.

Penelitian yang sama pada tahun-tahun berikutnya juga dilakukan oleh Roleos (Switzerland), Prof. Kock Famer (Inggris), Rose & Etlengger (Jerman), Blatner (Switzerland), mereka berkesimpulan yang sama bahwa lalat memiliki kelenjar penawar di dalam perutnya yang dapat membunuh bakteri-bakteri pathogen.

Ya ternyata kelenjar di dalam perut lalat mengandung bakteri actinomyces yang menghasilkan antibiotik actinomycetin dan actinomycin. Lalu apa hubungannya dengan hadist yang disebutkan di awal tadi…????

Ternyata diketahui bahwa kelenjar penawar itu bisa pecah jika badan lalat dibasahi oleh air, tekanan di dalam sel kelenjar lalat akan meningkat sejalan dengan tubuhnya yang basah oleh air lalu keluarlah cairan penawar racun melalui jalur pernafasan yang ada disekitar punggung dan perutnya.

Inilah jawaban mengapa Rasulullah menganjurkan jika lalat masuk ke dalam minuman kita agar ditenggelamkan sekalian karena begitu ditenggelamkan maka kelenjar penawarnya akan pecah dan memusnahkan bakteri-bakteri yang menempel di kakinya.
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar